KLONING

KLONING

Kloning dalam biologi adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Kloning merupakan proses reproduksi aseksual yang biasa terjadi di alam dan dialami oleh banyak bakteria, serangga, atautumbuhan. Dalam bioteknologi, kloning merujuk pada berbagai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan salinan berkas DNA atau gen, sel, atau organisme. Arti lain kloning digunakan pula di luar ilmu-ilmu hayati.

Kata ini diturunkan dari kata clone atau clon, dalam bahasa inggris, yang juga dibentuk dari katabahasa yunani, κλῶνος (“klonos”) yang berarti “cabang” atau “ranting”, merujuk pada penggunaan pertama dalam bidang hortikultura sebagai bahan tanam dalam perbanyakan vegetatif.

DAMPAK KLONING

Teknologi reproduksi yang dikembangkan oleh manusia bertujuan untuk memberi keuntungan atau meningkatkan kesejahteraan manusia. Namun. teknologi reproduksi juga tidak lepas dari dampak negatif yang dapat ditimbulkannya. Oleh karena itu, setiap teknologi reproduksi yang ditemukan atau dikembangkan oleh para ahli saat ini selalu menimbulkan pro dan kontra baik di kalangan para ahli sendiri maupun kalangan masyarakat.

Baca lebih lanjut

BAKTERI

bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki inti sel

1. bentuk-bentuk bakteri
A. Kokus ( Biji Buah )
1. Monokokus
Kokus yang hidup tunggal, Misalnya : Monococcus Gonorrhoeae ( Kencing nanah
2. Diplokokus
Kokus yang (Koloni) Dua dua, Misal : diplococcus pneumoniae (Radang paru paru)
3. tetrakokus
Kokus yang tersusun empat sekelompok, Misal : micrococcus tetragenus (TBC)
4. Streptokokus
kokus yang berkoloni membentuk Rantai, Misal : Streptococcus pyogenes ( Tenggorokan)
5. Staphilokokus
Kokus yang berkoloni menyerupai anggur Misal : Staphilococcus aureus (Radang paru paru)
6. sarcina
kokus yang tersusun delapan kelompok menyerupai kubus, Misal :  Sarcina lutea (Tebu)
B. Basil ( tongkat )

        • Basil Tunggal ( Hidup tunggal )
        • Diplobasil ( Berkelompok Dua dua )
        • Strepto basil ( Membentuk Rantai )
2. Letak Flagel ( sarana penggerak bakteri )
Baca lebih lanjut

VIRUS

1. Sejarah singkat penemuan “virus”
Tahun 1876 Adolf Edward Meyer mengamati adanya penyakit pada tanaman tembakau dan akhirnya Tahun 1892 Dmitri Ivanovski meneliti dan menemukan penyakit mozaik pada tembakau, menemukan istilah virus yang berarti racun, dan pada Tahun 1895 Martinus W Beijerinick meneliti penyakit mozaik pada tembakau adalah virus zat penular penyakit mozaik.

2. ciri-ciri virus

     o Berukuran sangat kecil, hanya dapat di lihat dengan mikroskop elektron
     o Aseluler
     o Mampu bereproduksi di dalam sel inang
     o Dapat di kristalkan
     o Memiliki materi genetik
3. struktur virus

Baca lebih lanjut

SIFAT WAJIB DAN MUSTAHIL ALLAH

SIFAT SIFAT WAJIB BAGI ALLAH

1. Wujud , “اَلْوُجُـوْدُ “

Artinya “ada”. Maksudnya , Zat Allah Ta’ala itu ada dan mustahil apabila mempunyai sifat ‘adam ( tidak ada ). Dalilnya :
a. Dalil naqli :
Firman Allah Ta’ala dalam Q.S.. As-Sajadah : 4

اللهُ الَّذِى خَـلَقَ السَّـمـوَاتِ وَالأَرْضَ وَمَـا بَـيْـنَـهُـمَـا

Artinya : “ Allah Ta’ala yang menciptakan sekalian langit dan bumi, serta apa saja yang ada diantara keduanya “.
b. Dalil ‘aqli :
Keberadaan alam semesta ini, dapat dilihat , diraba dan dialami secara nyata dan pasti. Tentu akal mengakui, menetapkan dan menerima bahwa , itu semua tidak mungkin ada, kalau tidak ada yang menciptakannya. Tidak mungkin ada mobil, rumah dan kue , jika tidak ada yang membuatnya. Demikian juga manusia, tetumbuhan, gunung dan alam seisinya tidak mungkin ada, jika tidak ada penciptanya. Pencipta tersebut adalah Allah Ta’ala. Maka patut bagi setiap mu’min mengi’tiqadkan bahwa ia senantiasa zikir (ingat) kepada Allah Ta’ala pada setiap yang maujud (yang ada). Baca lebih lanjut

IMAN KEPADA ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA

Iman menurut bahasa adalah percaya atau membenarkan. Menurut ilmu tauhid iman adalah kepercayaan yangdiyakini kebenarannya dalam hati, diikrarkan secara lisan dan dipraktekkan/ direalisasikan dalam perbuatan.
Asmaul Husna menurut bahasa artinya nama-nama yang baik. Menurut istilah ilmu tauhid yaitu nama-nama yang baik yang hanya dimiliki oleh Allah SWT, sebagai bukti akan keagungan Allah SWT.
Jadi maksud dari “iman kepada Allah SWT melalui Asmaul Husna” adalah kita meyakini akan adanya Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kesempurnaan-Nya, Rasa percaya/yakin ini dapat di tumbuhkan melalui berbagai cara salah satunya melalui Asmaul Husna.
A. PENJELASAN 10 SIFAT ASMAUL HUSNA Baca lebih lanjut

anti korupsi

Setelah proyek multimilyar dollar selesai, sang dirjen kedatangan tamu bule wakil dari HQ kantor pemenang tender. Udah 7 tahun di Jakarta jadi bisa cakap Indonesia.

Bule: “Pak, ada hadiah dari kami untuk bapak. Saya parkir dibawah mercy S 320.”

Dirjen : “Anda mau menyuap saya? ini apa-apaan? tender dah kelar kok. jangan gitu ya, bahaya tau haree genee ngasih-ngasih hadiah.”

Bule: “Tolonglah pak diterima. kalau gak, saya dianggap gagal membina relasi oleh kantor pusat.”

Dirjen: “Ah, jangan gitu dong. saya gak sudi!!”

Bule (mikir ): “Gini aja, pak. gimana kalau bapak beli saja mobilnya…”

Dirjen: “Mana saya ada uang beli mobil mahal gitu!!”

Bule menelpon kantor pusat.

Bule: “Saya ada solusi, Pak. bapak beli mobilnya dg harga rp.10.000,- saja.”

Dirjen: “Bener ya? OK, saya mau. jadi ini bukan suap. pake kwitansi ya..”

Bule: “Tentu, Pak..”

Bule menyiapkan dan menyerahkan kwitansi. dirjen membayar dengan uang 50 ribuan. mereka pun bersalaman.

Bule (sambil membuka dompet ): “Oh, maaf Pak. ini kembaliannya Rp.40.000,-.”

Dirjen: “Gak usah pakai kembalian segala. tolong kirim 4 mobil lagi ke rumah saya ya…”

salah paham

Sore itu Galuh, istri Nanang yang cantik rupawan menelpon Nanang dikantornya sambil menangis.
Nanang : “Sayang kamu kok nangis, ada apa.?”
Galuh : “(Hiks..) Aku diperkosa mas.!!!”
Nanang : “Hah..!! diperkosa siapa.? Kapan.?”
Galuh : “Tadi waktu hujan, sama Palui, pembantu kita yg baru, Katanya disuruh kamu… (Hiks..)”
Nanang : “Palui..!??, beraninya dia memfitnah aku, emang dia bilang apa.?”
Galuh: “Palui bilang dapat sms dari kamu. Kamu sms apa.?”
Nanang : “Aku sms dia gini :
“Palui, cuaca mendung banget, nanti klo hujan baju sama rok nyonya tolong diangkat ya, trus jgn lupa burungnya dimasukin juga.!!”